Penguat WiFi nan Praktis

Teknorus.com Dewasa ini, hampir semua perangkat punya koneksi wireless berbasis WiFi. Sebut saja smartphone, tablet, LCD, bahkan hingga kamera. WiFi memang praktis dan punya kecepatan tinggi. Sayangnya, daya jangkaunya agak terbatas. Misalkan di dalam rumah berlangganan internet dan disebarkan lewat WiFi, seringkali sudah tak bisa dinikmati di halaman depan atau di lantai dua. Kalau pun bisa, kecepatannya menurun drastis.

Alhasil, menonton video YuoTube di lantai satu dan dua bisa jauh berbeda kecepatannya. Untuk mengatasi permasalahan itu, vendor jaringan membuat penguat sinyal WiFi atau biasa dikenal sebagai Wireless Range Extender. Gunanya adalah memperluas jangkauan sinyal WiFi yang sudah ada. Netgear, salah satu produsen jaringan yang sudah mapan, punya salah satunya, yaitu Netgear WN3000RP. Desain Ukuran Netgear WN3000RP ini begitu kecil sehingga praktis dan mudah dibawa-bawa. Bisa dibilang hanya serupa adaptor laptop.

Baca juga : gambar keren

Berwarna putih di sekujur bodinya, ada dua antena eksternal di sisi kanan dan kirinya. Antena ini tak bisa dilepas pasang. Namun, kedua antena bisa diputar hampir 360 derajat, sehingga kita bisa mengarahkan antena sesuai kebutuhan, baik untuk memperkuat sinyal maupun untuk penyimpanan. WN3000RP ini bekerja di frekuensi 2.4 Ghz, dan mendukung beragam koneksi WiFI perangkat dengan standar 802.11 b/g/n.

Di depan ada lampu indikator sinyal, terdiri dari lampu indikator power dan WPS, serta Smart LED Indicator untuk sinyal WiFi. Lalu ada tombol power di kiri, dan di bawah ada tombol Reset dan port Thernet 100Mbps untuk kabel jaringan. Praktis Untuk memakainya, tinggal pasang ke colokan listrik di rumah.

Sayangnya, Netgear WN3000RP ini berkaki tiga, sesuai standar perangkat listrik di negara maju. Alhasil, kita harus mencari konektor yang sesuai agar bisa langsung digunakan. Tapi tak perlu khawatir, karena stecker adapter kaki tiga itu bisa didapatkan mulai harga Rp 10 ribu saja, tergantung merek dan kualitasnya. Untuk menghubungkan WN3000RP ini ke perangkat WiFi yang sudah ada, sebelumnya kita mesti melakukan pengaturan lewat aplikasi manajemen yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *