Mandi Sekaligus Relaksasi

Kamar mandi adalah ruang yang mutlak dan wajib ada pada setiap rumah. Meski terkadang luput dari polesan interior, siapa sangka keberadaannya kerap dijadikan tolok ukur seseorang dalam menilai kepribadian sang pemilik rumah. Bagaimana tidak, kebersihan si pemilik rumah diuji lewat penampakan visual kamar mandinya. Keberadaan kamar ini dulunya hanya sebagai ruang untuk membersihkan tubuh.

Namun, dengan beragamnya desain kamar mandi, kini kamar mandi menjadi sebuah ruang untuk menenangkan diri dan relaksasi. Dua Jenis Sejarah tentang kamar mandi di Indonesia ini tidak dapat dilepaskan dari peran serta pemerintah kolonial yang datang di Indonesia. Pada saat itu kamar mandi berfungsi sebagai ruangan yang digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Pada umumnya menggunakan air sebagai media pembersihan, tapi ada pula yang menggunakan uap atau lebih dikenal dengan istilah mandi sauna.

Kini, kamar mandi di Indonesia dibedakan menjadi dua jenis, yakni kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Kamar mandi basah biasanya menggunakan gayung dan bak mandi sebagai media pembersihan, sedangkan kamar mandi kering menggunakan shower dan bathtub. Selain itu, dalam kamar mandi kering zona kering, dan basah sangat jelas terlihat lewat aplikasi kaca atau gorden plastik yang digunakan.

Lembap Bila dibandingkan dengan ruang lainnya, kamar mandi memiliki tingkat kelembapan yang lebih tinggi. Soleh Hadiyana, arsitek sekaligus desainer interior dari Delta Putra Jaya mengungkapkan bahwa desain kamar mandi yang ideal adalah kamar mandi yang bersih dan sehat dilengkapi fasilitas sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Kamar mandi menurutnya sudah mengalami perluasan fungsi, dari yang semula hanya sebagai ruang pembersihan diri menjadi sebagai ruang relaksasi dan personalisasi sang pemilik rumah. Hal serupa diungkapkan Andry mulyono, Manager Showroom Kohler Design Center. “Saat ini kamar mandi bukan hanya tempat membersihkan diri, tapi juga merupakan tempat untuk diri sendiri,” ujar Andry. Gunakan perlengkapan sanitasi (kloset, bidet, bathtub, shower, wastafel, keran) yang sesuai dan memiliki standar kualitas yang ditentukan dengan dimensi luasan kamar mandi.

Untuk menjaga kenyamanan di rumah tentunya dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif ketika listrik dari PLN sedang padam. Untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya melalui Distributor jual genset 500 Kva di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *