Mandi Sekaligus Relaksasi Bagian 2

Besar kecilnya kamar mandi tergantung dari ukuran lahan yang tersedia. Sesuaikan ukuran kamar mandi dengan kebutuhan keluarga. Buat zoning antararea basah dan kering dengan menggunakan sekat kaca transparan atau gorden dari bahan plastik.

Pilihlah material kamar mandi yang tidak licin dan mudah perawatannya karena area ini mudah dihinggapi jamur. Pastikan instalasi listrik disesuaikan dengan tata letak sanitasi, agar ruangan tidak terlalu terang atau gelap. Jangan lupakan jendela (minimal 60cm x 90cm) dan lubang udara (minimal 30cm x 40cm). Sirkulasi udara yang ideal adalah 30% dari luas kamar mandi. Kemiringan lantai dari tempat tinggi menuju lubang drainase adalah 2cm.

Kamar Mandiku

Kamar mandi kami ini dirancang dengan memperhatikan estetika dan fungsi setiap elemen di dalamnya. Seperti adanya rak penyimpanan yang bisa digunakan untuk meletakkan tanaman, buku, dan berbagai pernik cantik lainnya. Tidak hanya rak, area jendela pun aku manfaatkan untuk meletakkan perlengkapan mandi sehingga ketika berada di kamar mandi, aku dapat melakukan kegiatan lain, seperti membaca atau sekadar menyimpan benda.

Sistem sanitasi adalah hal yang wajib ada di area ini. Sistem ini akan membantu untuk pemenuhan akt vitas yang dilakukan di kamar mandi. Perlengkapan sanitasi ini meliput kloset, bak mandi, shower, shower tray, lemari, floor drain. Sistem pemipaan yang baik akan mempengaruhi sistem sanitasi.

Kamar mandi adalah area lembap yang harus dijaga kebersihannya, sehingga dibutuhkan sistem pemipaan dan sanitasi yang baik. Pastikan sistem pemipaan terjalin baik dan benar sehingga tidak menimbulkan kebocoran di kemudian hari. Sistem sanitasi yang digunakan pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan diatur berdasarkan intensitas pemakaian sehingga memudahkan aktfitas di kamar mandi.

Penggunaan shower rupanya dapat menghemat air sebanyak 30%, sedangkan bak mandi dapat menguras penggunaan air sebanyak 70%. Naning Adiwoso, Ketua Asosiasi Toilet Indonesia menyarankan bak mandi sebaiknya dibuat hanya dengan ketinggian 30cm karena para pengguna rumah tangga hanya menggunakan air pada bagian atas, sedangkan air yang sudah di bagian bawah cenderung tidak terpakai dan dibuang begitu saja.

Tips selanjutnya untuk menjaga kenyamanan di rumah adalah dengan menambahkan instalasi genset yang berguna sebagai sumber listrik cadangan. Harga genset yang murah bisa dibeli melalui Suplier jual genset Cummins di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *