Kawasan Industri Menjelma jadi Metropolitan

Kini, tak hanya pabrik yang menjamur di Cikarang, Jawa Barat. Proyek hunian (rumah dan apartemen) hingga komersil turut meramaikan perkembangan properti di kawasan industri. Cikarang sangat terkenal sebagai kawasan industri dengan berbagai pabrik yang beroperasi di sana-sini. Tetapi, lihatlah kini. Tak hanya pabrik yang menghias wajah Cikarang. Kawasan ini menggeliat hebat dalam urusan pembangunan di sektor properti. Para pengembang besar berlomba mendirikan kawasan komersial serta hunian di kawasan yang masuk wilayah kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ini.

Baca juga “ Jual Genset Bali

Lalu, apa yang membuat Cikarang semakin berkembang? Ferry Salanto, Associate Director Research Service dari konsultan properti Colliers International Indonesia, mengatakan bahwa keberadaan pabrik-pabrik di Cikarang memang menjadi pemicu berkembangnya wilayah ini. Pada awalnya, kawasan Cikarang hanya diperuntukkan sebagai kawasan industri. Tapi kini, perkembangan Cikarang sedang bergeser ke sektor properti karena permintaan akan hunian dan fasilitas penunjang lainnya meningkat.

HARGA TERUS NAIK

Tidak dipungkiri, fenomena ini juga dibarengi dengan alasan ekonomis dari para pengembang kawasan industri. Pengembang tersebut akan mendapat keuntungan lebih dari pembangunan kawasan komersil dan hunian daripada membangun pabrik untuk industri saja. Strateginya, para pengembang biasanya menyisakan lahan terbaiknya untuk dijadikan kawasan komersil dan hunian.

“Biasanya lahan terbaik atau prime ini terletak di bagian depan,” ucap Ferry. Contohnya, proyek Orange County dari pengembang Lippo Group, yang sudah lama mengelola wilayah di Cikarang. Kini, di bagian terdepan lahan miliknya, Lippo sedang mengembangkan proyek berbentuk mixed use. Proyek ini rencananya akan menyajikan beragam fasilitas dalam satu kawasan. Fasilitas tersebut adalah mulai dari apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, hingga hotel.

Dalam proyek ini, Lippo menggandeng Mitsubishi Corporation dari Jepang untuk menghadirkan fasilitas berstandar internasional. Dengan semua perkembangan yang terjadi, harga tanah di kawasan Cikarang pun turut naik dari tahun ke tahun. Kepala riset properti dari konsultan properti Savills Indonesia, Anton Sitorus mengatakan, bahwa dalam kurun waktu 3 tahun terakhir terjadi kenaikan harga tanah di Cikarang. “Kenaikannya antara 20—30% tiap tahunnya,” kata Anton. Dengan semua perkembangan yang terjadi, harga tanah di kawasan Cikarang pun turut naik dari tahun ke tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *