Bisnis Layanan Digital XL

Jakarta (20/5), XL mendorong bangkitnya industri dalam negeri lewat penyediaan beragam layanan digital, termasuk kalangan UMKM dan startup industri kreatif. Layanannya seperti gudang aplikasi, M-Ads ( Mobile Digital Advertising ), M2M Platform, dan XCloud. Direktur Digital Services XL, Dian Siswarini, berharap pertumbuhan industri lokal dapat memperkuat daya saing industri lokal dari gempuran produk luar negeri.

Baca juga : Harga Iphone

Salah satunya Gudang Aplikasi, sebagai jembatan pemilik karya dengan pengguna seluler. Sementara layanan M Ads bekerjasama dengan beberapa bank memberikan pinjaman kepada UKM berpromosi dengan M-Ads. Layanan promosi bagi UKM misalnya LBA (Location Based Advertising) yang memanfaatkan keberadaan pelanggan di sekitar lokasi usahanya, lewat SMS dan MMS. Ada pula layanan promosi via Radio Streaming dari stasiun radio terkemuka.

Layanan Radio Streaming ini lewat audio, video dan gambar, agar agar pengguna XL dapat berinteraksi langsung dengan iklan yang ditayangkan. Sejak diluncurkan layanan Mobile Advertising, ada 500 UMKM telah memanfaatkan layanan M-Ads XL. Maka, tahun 2014 ini ditargetkan bisa tumbuh lebih dari 1500 UMKM dari sektor Industri Kreatif. XL juga telah menyediakan tim Mobile Advertising di lima wilayah regional, Pertumbuhan pengguna layanan M Ads mengalami peningkatan hingga 500% dari sejak diperkenalkannya layanan ini kepada masyarakat.

Aplikasi terbaru untuk BB Z3

Menyemarakkan hadirnya BlackBerry Z3, Jakarta Edition, BlackBerry mengumumkan beberapa aplikasi BlackBerry 10 terbaru. Dibuat oleh pengembang aplikasi dari Indonesia, aplikasi yang ada memberikan pengalaman lokal yang lebih untuk para pengguna BlackBerry Z3, Jakarta Edition, karena BB Z3 ini diklaim dibuat hanya untuk Indonesia.

Aplikasi lokal yang baru tersebut adalah AbraResto informasi restoran terbaik di sekitar pemakai, HalalMUI informasi sertifkasi halal makanan, 7Eleven ID info diskon dan promosi terbaru dan lokasi terdekat. Aplikasi sebelumnya adalah Kaskus sebagai forum terbesar di Indonesia, Kereta Api Indonesia untuk memesan tiket KA lewat BB, KlikMusik untuk mencari, mengunduh, dan mendengarkan lagu favorit lewat BB secara gratis, LewatMana video streaming jalan-jalan utama di Jakarta.

Sementara aplikasi paling favorit adalah Detikcom, Garuda Indonesia, BlueBird Taxi, Kompas, PicMix, BCA Mobile, Berniaga.com, Mandiri Mobile, dan 21 Cineplex. Pemilik BBM Channels bisa melihat antusiasme pelanggan saat berinteraksi. Para pelanggan dapat mengikuti channel dengan beragam topik termasuk produk, dari hobi dan olahraga hingga hiburan, fashion, mobil dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *