perawat

5 Macam Pekerjaan yang Menarik di Jepang bagi TKI 

Jepang menjadi negara maju di Asia yang sering jadi tujuan mengenyam pendidikan atau bekerja. Bagi TKI Jepang jadi negara terdekat untuk memperoleh penghasilan sekaligus pengalaman kerja yang lebih baik.

Lowongan kerja di Jepang lulusan SMA pun tidak sedikit, karena hadirnya program magang Indonesia-Jepang yang sudah berlangsung sejak lama. Selain itu jenis pekerjaan di Jepang yang membutuhkan TKI tidak sedikit. Simak apa saja jenis pekerjaannya. 

Jenis Pekerjaan bagi TKI yang Menarik di Jepang 

Jepang memiliki perekonomian yang sangat kuat, sedangkan dalam hal SDM mereka masih cukup kurang.

Alasannya adalah jumlah penduduknya yang tergolong minim sehingga membutuhkan tenaga kerja asing termasuk dari Indonesia. 

Sedangkan jenis pekerjaan di Jepang yang dibuka untuk tenaga asing pun cukup beragam. Berikut ini beberapa pilihan pekerjaannya. 

  • Perawat Lansia 

Jenis pekerjaan yang dimaksud disini bukanlah suster yang bekerja di rumah sakit melainkan perawat untuk lansia atau careworker. Di Jepang banyak sekali lansia yang mengalami kesenjangan dan membutuhkan perawatan intensif. 

Kamu yang tertarik dengan bidang ini bisa melamar untuk bekerja di Jepang. Pekerjaannya sendiri meliputi menemani dan menyuapi lansia serta segala keperluan mereka yang lainnya termasuk minum obat. 

  • Industri Permesinan 

Sudah jadi rahasia umum bahwa Jepang menjadi negara utama yang sering memproduksi berbagai jenis mesin. Kamu yang memiliki bakat atau ingin mencari pengalaman dalam bidang permesinan bisa memilih pekerjaan ini. 

Soal keterampilan sendiri nantinya akan diuji terlebih dahulu, jadi lebih pas untuk kamu yang lulusan SMK jurusan mesin untuk melamar. 

  • Industri Konstruksi 

Jika di Indonesia industri ini lebih dikenal dengan kuli bangunan, tapi di Jepang tingkatannya sedikit berbeda. Ada banyak keterampilan mengenai konstruksi yang akan diujikan terlebih dahulu. 

Jika kamu benar-benar paham soal konstruksi bangunan barulah akan mendapatan visa untuk berangkat. Apabila tertarik, sebaiknya persiapkan diri kamu supaya bisa berhasil mendapatkan pekerjaannya. 

  • Pekerjaan di Bidang F&B

Pelayanan dalam bidang F&B juga cukup dibutuhkan contohnya staff restoran di Jepang. Pekerjaannya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit seperti menyiapkan makanan, mengambil order dari pelanggan dan manajemen restoran. 

Kamu yang suka dengan pekerjaan di bidang servis tentu akan tertarik untuk mendaftar. 

  • Agrikultur 

Mirip dengan Indonesia, Jepang juga terkenal dalam hal agrikultur. Kamu bisa melihat bagaimana pertanian di Jepang begitu maju. Karena memanfaatkan berbagai teknologi untuk melancarkan pertanian mereka. 

Disinilah kamu bisa belajar dan nantinya menerapkan di Indonesia setelah pulang. baik itu pemanenan, kultivasi dan masih banyak lagi akan dipelajari di sana. 

Impian bekerja di Jepang ini bisa langsung terwujud asalkan kamu menguasai bahasa Jepang. Bahasa jadi alat komunikasi terpenting dan harus dikuasai agar pekerjaan jadi lebih lancar nantinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.