Tolak Nyamuk, Si Pembawa Penyakit

Setiap tahun, nyamuk penular penyakit masih dengan leluasa menyebarkan virus dan parasit, dari malaria, demam berdarah dengue, chikungunya, fi lariasis atau kaki gajah, hingga yang beberapa waktu lalu menghebohkan dunia, virus zika. Yang menarik, lain nyamuk, lain juga penyakit yang dibawanya. Nah, berikut sekelumit ulasan menarik tentang beberapa penyakit yang disebarkan nyamuk: Demam Berdarah: Ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus dengue.

Baca juga : kerja di Jerman

Penyakit demam berdarah mengakibatkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah yang sangat mengancam jiwa. Malaria: Ditularkan melalui nyamuk Anopheles betina. Sekitar 10 hari setelah terjadinya gigitan, virus penyebab malaria masuk ke dalam aliran darah, lalu berkembang biak dan mengganti semua hemoglobin di dalam sel darah merah. Chikungunya: Nyamuk pembawa penyakit ini dari jenis Aedes aegypti, Aedes africanus, dan nyamuk Mansonia.

Gejala chikungunya, selain demam tinggi, muntah, menggigil, sakit kepala dan sakit perut adalah rasa linu di persendian tangan dan kaki serta pergelangan lutut. Filariasis: Dikenal juga sebagai kaki gajah. Penyakit yang menular ini disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk, seperti Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes, dan Armigeres. Kaki gajah bersifat menahun dan bila tidak mendapat pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap. Zika: Virus zika menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes. Virus ini selalu dihubungan dengan ibu hamil dan kejadian mikrosefalus pada bayi yang dilahirkan.

Mikrosefalus adalah kondisi medis dimana lingkar kepala bayi (anak) lebih kecil dari ukuran normal. TIP PENCEGAHAN Sama dengan masalah kesehatan lain, prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati, tentu yang paling baik. Nah, pencegahan paling efektif agar buah hati tidak terkena penyakit-penyakit di atas adalah dengan cara jangan sampai digigit nyamuk. Bagaimana caranya? Q Gunakan pencegah gigitan serangga (insect repellents). a. Produk yang mengandung bahan alami Minyak Sereh (Citronella Oil) yang aman untuk bayi, dapat mengusir dan mencegah nyamuk mendekati buah hati.

Sumber : https://maxfieldreview.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *