Sarapan Bergizi, Mual Pun Pergi

Sarapan sering kali sulit dilakukan karena munculnya rasa mual, tak berselera makan, bahkan muntah di pagi hari. Nah, bagaimana menyiasatinya? Wajar memang bila di trimes- ter pertama, mamil mengalami morning sickness yang membuat Mama enggan sarapan. Tetapi, sebaiknya morning sickness jangan sampai membuat Mama menghindari sarapan, ya.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Pasalnya, sarapan memiliki banyak manfaat, baik bagi mamil maupun janin. Bisa dibilang, sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena dapat mengontrol pola makan sepanjang hari. Selain itu, sarapan juga memiliki segudang manfaat lainnya, Ma. Ketika bangun pagi, kadar gula darah berada pada titik yang rendah, karena sistem pencernaan tubuh berhenti bekerja sepanjang malam. Sementara, gula darah adalah bahan bakar bagi otak dan pusat sistem saraf.

Nah, sarapan sehat di pagi hari akan memberikan “suntikan” energi untuk memulai hari dan membantu mengembalikan level gula darah ke batas normal, sehingga otak dapat berfungsi dengan lebih baik dalam bekerja. Kadar gula rendah bisa membuat Mama merasa lesu, mengantuk, kesulitan mengingat informasi, merasa gelisah dan mudah marah, hingga kurang konsentrasi, lo, Ma.

Apalagi untuk mamil yang kerap meng alami mood swing, melewatkan sarapan malah akan membuat mood mamil semakin buruk. Manfaat lainnya, seseorang yang rutin sarapan memiliki kemungkinan lebih kecil (30%) terhindar dari obesitas ketimbang yang tak pernah sarapan. Ini merupakan hasil riset yang dilakukan Dr. Mark Pereira bersama timnya dari Harvard Medical School, Amerika Serikat (AS), pada sekitar 2.500 penduduk AS.

Kemungkinan terkena diabetes dan serangan jantung, juga lebih kecil pada orang yang rutin sarapan. Bila mamil melewatkan sarapan, maka jeda makannya akan menjadi panjang, yaitu dari jam makan malam terakhir hingga jam makan siang. Nah, jeda makan yang panjang selama kehamilan, semisal lebih dari 12 jam, dapat memiliki efek langsung dan jangka panjang pada janin yang sedang berkembang. Mengapa? Karena janin bergantung pada nutrisi yang diperoleh melalui makanan mamil untuk tumbuh kembangnya.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *