Tentukan Posisi Bersalin Sekarang

Posisi telentang atau setengah duduk umumnya digunakan saat proses melahirkan. Tetapi, ada juga, lo, posisi lainnya yang mungkin saja membuat Mama lebih nyaman menjalani persalinan. Pada banyak rumah sakit di negara berkembang, umumnya mamil memang melahirkan dengan posisi telentang disebut juga posisi litotomis dan posisi setengah duduk.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Namun, selain kedua posisi tersebut, ada pula posisi lainnya, Ma, semisal, posisi Mongkok, miring, atau posisi bertumpu pada empat tumpuan (kedua lutut kaki dan kedua tangan, seperti merangkak). Salah satu hasil survei Childbirth Connection organisasi nirlaba di Amerika Serikat yang bekerja untuk meningkatkan kualitas perawatan bersalin melalui penelitian, pendidikan, advokasi, dan kebijakan melaporkan, pada 2005-2006, sebanyak 57% mamil di Amerika Serikat (AS) melahirkan dengan posisi litotomi dan 35% melahirkan dalam posisi setengah duduk. Dengan kata lain, 92% mamil di AS memilih antara posisi semi-berbaring atau berbaring dan setengah duduk saat melahirkan. Indonesia hampir mirip dengan di AS.

Posisi litotomi juga kerap digunakan saat proses persalinan. Selain itu, Badan PPSDM Kesehatan Departemen Kesehatan RI di situs resminya mengungkapkan, lebih dari 50% mamil di Indonesia melahirkan dengan posisi setengah duduk. Sisanya, kurang dari 40% memilih posisi miring dan kurang dari 10% melahirkan dalam posisi Mongkok. MEMUDAHKAN PENOLONG PERSALINAN Meski sering digunakan dalam proses persalinan, ternyata posisi litotomi tidak memiliki latar belakang studi ilmiah, lo, Ma.

Terbukti, dalam laporan penelitian Lauren Dundes, MHS, yang berjudul “The Evolution of Maternal Birthing Position), dijelaskan bahwa posisi melahirkan sambil berbaring dan mengangkat kaki (litotomi) tidak memiliki latar belakang studi ilmiah. Laporan yang dipublikasikan dalam American Journal oI Public Health 1987 ini mengungkapkan, posisi tersebut semata-mata dilakukan demi memudahkan penolong persalinan untuk memeriksa vagina dan menangani persalinan. Pantas saja, ya, Ma, ketika akan melahirkan, penolong persalinan, seperti dokter dan bidan, akan meminta mamil untuk berbaring atau setengah duduk. Tak lain karena karena posisi tersebut memudahkan dokter/bidan dalam memeriksa kondisi bukaan jalan lahir, seberapa jauh penurunan kepala janin, dan sebagainya.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *