Suplemen Penting untuk Mamil

Mama, inilah berbagai suplemen yang penting kita konsumsi di masa prakonsepsi serta di trimester pertama:

# ASAM FOLAT Manfaat: • Menurunkan risiko timbulnya kecacatan pada bayi sebesar 50-70% seperti NTD (neural tube defect) atau pertumbuhan tabung saraf yang tidak sempurna, spina bifida kelainan pada tulang belakang janin), anensefalus (tidak terbentuknya otak dan tempurung kepala bayi). • Membantu dalam meringankan gejala kehamilan yang dirasakan mamil, contohnya: mual dan kelelahan. Dosis yang dianjurkan: 400 mikrogram per hari. tetapi, dosis ini dapat saja ditingkatkan sesuai dengan berat badan mamil serta bila ada riwayat keluarga yang terlahir cacat.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

# ZAT BESI Manfaat: • Menambah asupan zat besi untuk membentuk hemoglobin di dalam darah karena kadar darah kita meningkat hampir 50% semasa hamil. • Mencegah anemia dan segala akibatnya, seperti terhambatnya pertumbuhan janin, kelahiran prematur, serta berat bayi lahir rendah. • Mendukung suplai oksigen dari plasenta ke bayi. • Mencukupi kebutuhan ]at besi harian mamil yang kekurangan zat besi sejak sebelum hamil. Dosis yang dianjurkan: 0,8 miligram per hari.

# KALSIUM Manfaat: • Membantu menguatkan tulang dan gigi janin. • Mendukung pertumbuhan saraf dan otot janin. • Mencegah pengeroposan tulang pada mamil. Dosis yang dianjurkan: 200-300 miligram per hari.

# VITAMIN D Manfaat: • Membangun tulang dan gigi Manin. • Menjaga kecukupan kadar kalsium dan fosfor. • Mencegah bayi lahir dengan defisiensi vitamin D (berisiko patah tulang dan kelainan bentuk tubuh), pertumbuhan tulang abnormal, serta perkembangan fisik yang tertunda. Dosis yang dianjurkan: 10 mikrogram per hari.

# ASAM LEMAK ESENSIAL (DHA & EPA) Manfaat: Mendukung perkembangan otak, saraf, dan jaringan mata bayi. Dosis yang dianjurkan: 200 miligram per hari.

Adakah Obat Yang Aman?

Selama hamil, kita harus ekstra hati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Pasalnya, tidak semua obat yang tersedia di apotek aman bagi kehamilan. Bahkan, mengonsumsi beberapa Menis obat pereda nyeri, seperti aspirin, ibuprofen, sodium salisilat dapat meningkatkan risiko keguguran. namun, di sisi lain, mamil juga rentan terserang penyakit seperti flu, sakit kepala, dan sembelit. langkah pertama untuk mengatasi berbagai penyakit tersebut adalah dengan cara-cara alami alias non-obat.

Misalnya, banyak beristirahat dan minum air putih saat flu atau menghindari asupan pedas dan banyak minum air putih untuk menyembuhkan sembelit. Bila sakit yang dirasakan sudah tak tertahankan, obat kimiawi bisa menMadi alternatif berikutnya ya, Ma. Meski begitu, sebaiknya Mama berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu alih-alih membeli obat sendiri. Selain merekomendasikan jenis obat-obatan yang aman, dokter juga akan memberikan dosis konsumsi yang tepat sesuai dengan kondisi atau kebutuhan mamil.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *