Persiapan Cara Merekam Podcast Untuk pemula

Saat -saat yang ditunggu adalah merekam podcast, apabila kalian sudah menyiapkan segala macam cara untuk memulai membuat podcast, maka kami akan merangkum juga untuk membahas bagaimana secara teknik memulai suatu produksi podcast.

  1. Peralatan dan Perlengkapan Rekaman

Peralatan yang minimum harus kalian miliki apabila kalian ingin membuat suatu podcast yaitu komputer, laptop, mikrofon internal, dan juga akses internet yang stabil guna mengupload, dan mengedit podcast kalian.

Kalian bisa memiliki kualitas suara yang bagus, dan jernih dengan menggunakan biaya yang minim apabila kalian dapat memilih mikrofon mana yang bagus untuk kalian gunakan. Kami akan merekomendasikan kepada kalian jenis mikrofon yang bagus untuk mendukung kalian dalam menjalankan podcast. Diantaranya adalah :

  • Audio Technica AT2020, dengan harga sekitar Rp 1.200.000
  • Samson Colu dengan harga sekitar Rp 1.000.000
  • Samson Meteor, harga sekitar Rp 1.000.000
  • AKG 120 USB, harga Rp 2.000.000
  1. Software Untuk Rekaman, dan Pengeditan

Saat kalian menyambungkan mikrofon USB ke dalam komputer milik kalian, maka nantinya kalian akan memerlukan banyak software yang akan mendukung proses perekaman, ataupun mengedit audio kalian nantinya.

Dan kabar baiknya adalah kalian tidak perlu membayar biaya sepeserpun untuk mencoba aplikasi gratis tersebut. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Audacity, Anchor, Reaper, Garageband, dan lain sebagainya.

Dan setelah itu kalian juga bisa langsung mencoba semua aplikasi tersebut, hingga akhirnya kalian dapat menemukan aplikasi yang cocok yang dapat menunjang cara membuat podcast yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Apabila kalian ingin mencoba editing, dan juga fitur yang lebih professional, maka kalian dapat mencoba Adobe Audition, Logic Pro.

Baca Juga:  2 Cara Kuliah Sambil Kerja di jerman

  1. Membuat Skrip Acara

Kalian sudah menyiapkan segala hal penunjang untuk memahami dengan jelas cara membuat podcast, apakah kalian sudah siap dengan skripnya? Tapi apakah kalian sudah mengetahui apa saja yang sudah kalian persiapkan, dan apa saja yang akan kalian bicarakan.

Ketika kalian menggunakan esai yang mendalam mengenai suatu materi ataupun tema podcast, mungkin kalian akan menganggap hal tersebut adalah salah satu hal yang sangat mudah, namun hal tersebut sebenarnya tidak mudah, kalian akan terlihat membosankan apabila kalian terlalu terpaku dengan skrip, dan membaca skrip tersebut saat menjalankan podcast.

Apakah kalian pernah melihat seseorang yang harusnya tampil dengan percaya diri di depan orang banyak, dan di depan kamera, namun orang tersebut malah membaca skrip, dan kalian melihat hal tersebut menjadi salah satu hal yang membosankan.

Dengan menyewa tenaga penulis skrip lainnya yang akan membantu kalian dalam mengelola podcast setiap minggunya, atau mungkin jika kalian sudah ahli dalam menulis skrip sendiri, maka tentunya kalian bisa melakukan skrip sendiri.

Dengan adanya kesan intimate dari yang dilakukan oleh para pengupload podcast, dan para penonton, maka nantinya kalian dapat menarik perhatian dari pada penonton dan merasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *