kerja di jerman

2 Cara Kuliah Sambil Kerja di Jerman

Kuliah di Jerman memang gratis, tetapi nilai tukar Rupiah terhadap Euro menjadi masalah lain bagi mahasiswa asal Indonesia.

Oleh sebab itu, banyak mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk kuliah sambil kerja di Jerman, menurut website Educraft.

2 Cara Kuliah Sambil Kerja di Jerman

Ada dua pilihan untuk kuliah sambil kerja di Jerman. Pertama, kita bisa kuliah umum dan bekerja paruh waktu di beberapa gerai atau toko yang ada di Jerman. Kedua, kita bisa mengambil pendidikan khusus yang memungkinkan siswanya untuk magang dan dibayar. 

Ausbildung 

Ausbildung adalah jenis pendidikan di Jerman yang memungkinkan siswanya untuk magang dan dibayar oleh suatu perusahaan. Jenis pendidikan ini mirip dengan sekolah kejuruan di Indonesia tetapi pada level yang lebih tinggi. 

Umumnya, mahasiswa yang mengambil ausbildung di Jerman adalah mereka yang ingin sekolah sambil kerja dan mempersiapkan pekerjaan lebih mudah. 

Ada banyak sekali jenis ausbildung yang dapat dipilih. Lebih dari 600 jenis profesi yang bisa diambil oleh mahasiswa internasional. Berikut ini adalah beberapa jenis profesi ausbildung Jerman dan perkiraan gaji rata-ratanya. 

  1. Kauffrau/-mann für Büromanagement 

Kuliah sambil kerja di Jerman sebagai petugas manajemen kantor akan mendapatkan gaji rata-rata 760 euro per bulan, di tahun pertama. Selanjutnya, di tahun kedua akan mendapatkan gaji rata-rata 810 euro per bulan. 

  1. Kaufmann/-frau im Einzelhandel

Ausbildung sebagai pedagang akan mendapatkan gaji rata-rata 751 euro per bulan, di tahun pertama. Di tahun kedua akan mendapatkan gaji rata-rata 836 euro per bulan.

  1. Verkäufer 

Di tahun pertama Ausbildung sebagai vendor akan mendapatkan gaji rata-rata 751 euro per bulan. Sementara di tahun kedua, akan mendapatkan gaji rata-rata 836 euro per bulan.

  1. Altenpfleger

Di tahun pertama kuliah sambil kerja di Jerman, sebagai Pengasuh, akan mendapatkan gaji rata-rata 1040 euro per bulan. Selanjutnya, di tahun kedua akan mendapatkan gaji rata-rata 1100 euro per bulan.

  1. Kfz-Mechatroniker

Pekerja Ausbildung di bidang mekatronik otomotif akan mendapatkan gaji rata-rata 700 euro per bulan di tahun pertama. Sementar di tahun kedua, gaji rata-ratanya adalah sekitar 750 euro per bulan.

  1. Medizinische(r) Fachangestellte(r)

Pekerja Ausbildung di bidang medis akan mendapatkan gaji rata-rata 805 euro per bulan dan rata 850 euro per bulan di tahun kedua.

  1. Elektroniker

Di tahun pertama, pekerja Ausbildung di bidang Elektronik akan mendapatkan gaji rata-rata 755 euro per bulan. Sementar itu, gaji rata-ratanya adalah sekitar 805 euro per bulan di tahun kedua.

Kerja Paruh Waktu di Jerman

Mahasiswa di Jerman yang memiliki izin tinggal sebagai pelajar sebenarnya tidak boleh bekerja full time. Mahasiswa yang bekerja secara penuh waktu akan dianggap ilegal atau Schwarzarbeit. Meskipun begitu, ada banyak mahasiswa yang berani bekerja sebagai pekerja Schwarzarbeit. 

Penerima kerja sebenarnya tahu status mahasiswa yang dipekerjakannya. Namun, umumnya mereka juga tidak akan ambil pusing untuk menunggu pengesahan pemerintah. Umumnya mereka yang bekerja Schwarzarbeit adalah pada bagian-bagian pekerja kasar, seperti tukang bersih-bersih. 

Untuk pekerjaan seperti itu, rata-rata gaji yang akan diterima adalah sekitar 9 Euro per jam. Di beberapa negara bagian yang lebih kecil, nilainya bisa kurang. Ada mahasiswa yang hanya mendapatkan 6 Euro per jam, ada juga yang mendapat 10 euro per jam termasuk bonus.  

Jika ingin menjadi seorang pekerja yang dianggap legal, maka mahasiswa hanya bisa bekerja paruh waktu atau Teilzeit Jobs. Besar gaji untuk para pekerja paruh waktu di Jerman, misalnya di tempat makan, adalah sekitar 800 Euro perbulan. 

Namun, besaran gaji tersebut umumnya diberikan oleh tempat kerja yang telah terdaftar di pemerintahan. Untuk pemilik usaha yang membangun usahanya secara mandiri atau tidak melibatkan peraturan pemerintah, kebijakan jelas berbeda. 

Pekerjaan-pekerjaan paruh waktu mungkin akan lebih menguntungkan apabila kita masih berstatus sebagai studienkolleg. Hal itu karena memungkinkan kita untuk bertemu dengan lebih banyak orang. Sehingga dengan begitu, kita akan lebih cepat belajar dan menyesuaikan kebudayaan di Jerman. 

Itulah tadi uraian mengenai kuliah sambil kerja di Jerman. Kamu bisa memilih salah satu pekerjaan tersebut dengan menyesuaikan pendidikan yang sedang dijalani. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *